Senin, 12 Maret 2012

AKTIFITAS PEMBELAJARAN DALAM GROUP FACEBOOK PADA MATA KULIAH DISFUSI INOVASI PENDIDIKAN REGULER 096

A.    PENDAHULUAN
Aktifitas belajar merupakan proses pembelajaran dengan menerapkan beberapa strategi yang bertujuan untuk memudahkan penyampaian informasi yang diberikan saat pembelajaran berlangsung. Dengan hal ini mendorong beberapa kelompok untuk membuat inovasi dalam hal pendidikan.
Inovasi Pendidikan yang saat ini mulai banyak digunakan adalah inovasi yang menggunakan internet sebagai medianya. Internet merupakan sistem jaringan global yang dapat menghubungkan ke semua komputer yang ada di dunia. Dengan adanya internet seperti saat ini, pembelajaran dapat terus berlangsung tanpa terhalang ruang dan waktu.
Saat ini Internet sering digunakan untuk pencarian informasi dan jejaring sosial, tetapi akhir akhir ini jejaring sosial lebih sering dimanfaatkan baik dalam bentuk promosi maupun pembelajaran. Salah satu contohnya ialah facebook, jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh semua elemen masyarakat. Hal ini membuat peluang untuk menciptakan inovasi. Salah satu contohnya yang saat ini dilakukan oleh pengajar dan mahasiswa Disfusi Inovasi Pendidikan yang membuat group facebook sebagai media diskusi
Group Facebook DIP merupakan Media Diskusi yang telah dibuat dari mulai awal perkuliahan dimulai yang sampai saat ini masih aktif digunakan untuk diskusi yang bertujuan untuk menambah informasi dalam pencarian informasi dan materi yang ada di dalam mata kuliah Disfusi Inovasi Pendidikan.

B.     MASALAH

1.     Apakah aktifitas pembelajaran dalam group facebook sudah cukup efektif untuk membangun diskusi di dalam kelas?
2.     Apa sudah cukup efektif diskusi yang dilakukan dalam group facebook DIP Reg 096 ?
3.     Mengapa di adakan diskusi dalam group facebook dalam mata kuliah Disfusi Inovasi  Pendidikan?

C.     HASIL
TABULASI PRESENTASE MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN
MENGENAI AKTIFITAS DISKUSI MELALUI FACEBOOK
PADA MATA KULIAH DISFUSI INOVASI PENDIDIKAN
 
PENYAJIAN DALAM DIAGRAM BATANG

PENYAJIAN DALAM GRAFIK BULAT 3 DIMENSI

D.    PEMBAHASAN
Berdasarkan hasil survey data yang diambil pada 4 maret 2012 pada pukul 21.00 wib menunjukan bahwa diskusi dalam group facebook sudah cukup efektif, karena menunjukan data 63% bahwa mahasiswa DIP Reg aktif dalam diskusi yang diadakan di group DIP. Tetapi dinamika yang terjadi dalam diskusi group facebook DIP ialah banyak yang melakukan feedback dari postingan yang terlambat, ini mengakibatkan terkadang forum diskusi tidak berjalan efektif.
Group Facebook DIP Reg merupakan inovasi yang dibuat dalam rangka melakukan percakapan diskusi ilmiah yang tidak sempat diberikan dalam materi kelas. Dengan adanya Group Facebook DIP mahasiswa dapat mengaktualisasikan dan berekspresi secara bebas dalam memberikan komentar di setiap postingannya.  
Melihat kondisi diskusi facebook DIP Reg yang cukup aktif, ini membawa dampak baik pembelajaran didalam kelas. Dalam presentasi kelompok menunjukan keefektifan setiap mahasiswa dalam bertanya ataupun menjawab. Hal ini menghasilkan nilai positif dalam mata kuliah Disfusi Inovasi Pendidikan. Dalam Forum Diskusi Facebook selain memberikan komentar di setiap postingan yang diberikan, tetapi juga ada tujuan tersembunyi yang ingin diberikan oleh deosen pengampu, tujuan tersebut ialah membangun keaktifan, kecerdasan, karakter dalam percakapan ilmiah.

E.     KESIMPULAN
Munculnya Group Facebook pada mata kuliah DIP merupakan media diskusi yang diberikan oleh dosen pengampu dalam rangka pencarian informasi penambahan materi, dan membangun keaktifan berfikir setiap mahasiswanya. Mengukur dari mulai postingan pertama hingga yang terakhir, menunjukan sudah 63% mahasiswa memanfaatkan Group Facebook DIP Reg sebagai media diskusi yang dilakukan antara dosen dan mahasiswa maupun sesama mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar