AKTIFITAS PEMBELAJARAN
DALAM GROUP FACEBOOK PADA MATA KULIAH DISFUSI INOVASI PENDIDIKAN REGULER 096
A.
PENDAHULUAN
Aktifitas belajar merupakan proses pembelajaran
dengan menerapkan beberapa strategi yang bertujuan untuk memudahkan penyampaian
informasi yang diberikan saat pembelajaran berlangsung. Dengan hal ini
mendorong beberapa kelompok untuk membuat inovasi dalam hal pendidikan.
Inovasi Pendidikan yang saat ini mulai banyak
digunakan adalah inovasi yang menggunakan internet sebagai medianya. Internet
merupakan sistem jaringan global yang dapat menghubungkan ke semua komputer
yang ada di dunia. Dengan adanya internet seperti saat ini, pembelajaran dapat
terus berlangsung tanpa terhalang ruang dan waktu.
Saat ini Internet sering digunakan untuk pencarian
informasi dan jejaring sosial, tetapi akhir akhir ini jejaring sosial lebih
sering dimanfaatkan baik dalam bentuk promosi maupun pembelajaran. Salah satu
contohnya ialah facebook, jejaring sosial yang paling banyak digunakan oleh
semua elemen masyarakat. Hal ini membuat peluang untuk menciptakan inovasi.
Salah satu contohnya yang saat ini dilakukan oleh pengajar dan mahasiswa
Disfusi Inovasi Pendidikan yang membuat group facebook sebagai media diskusi
Group Facebook DIP merupakan Media Diskusi yang
telah dibuat dari mulai awal perkuliahan dimulai yang sampai saat ini masih
aktif digunakan untuk diskusi yang bertujuan untuk menambah informasi dalam
pencarian informasi dan materi yang ada di dalam mata kuliah Disfusi Inovasi
Pendidikan.
B.
MASALAH
1. Apakah
aktifitas pembelajaran dalam group facebook sudah cukup efektif untuk membangun
diskusi di dalam kelas?
2. Apa sudah cukup efektif diskusi yang dilakukan
dalam group facebook DIP Reg 096 ?
3. Mengapa
di adakan diskusi dalam group facebook dalam mata kuliah Disfusi Inovasi
Pendidikan?
C.
HASIL
TABULASI
PRESENTASE MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN
MENGENAI
AKTIFITAS DISKUSI MELALUI FACEBOOK
PADA
MATA KULIAH DISFUSI INOVASI PENDIDIKAN
PENYAJIAN DALAM DIAGRAM BATANG
PENYAJIAN DALAM GRAFIK BULAT 3
DIMENSI
D. PEMBAHASAN
Berdasarkan
hasil survey data yang diambil pada 4 maret 2012 pada pukul 21.00 wib
menunjukan bahwa diskusi dalam group facebook sudah cukup efektif, karena
menunjukan data 63% bahwa mahasiswa DIP Reg aktif dalam diskusi yang diadakan
di group DIP. Tetapi dinamika yang terjadi dalam diskusi group facebook DIP
ialah banyak yang melakukan feedback dari postingan yang terlambat, ini
mengakibatkan terkadang forum diskusi tidak berjalan efektif.
Group Facebook DIP Reg merupakan inovasi yang dibuat
dalam rangka melakukan percakapan diskusi ilmiah yang tidak sempat diberikan
dalam materi kelas. Dengan adanya Group Facebook DIP mahasiswa dapat
mengaktualisasikan dan berekspresi secara bebas dalam memberikan komentar di
setiap postingannya.
Melihat kondisi diskusi facebook DIP Reg yang cukup
aktif, ini membawa dampak baik pembelajaran didalam kelas. Dalam presentasi
kelompok menunjukan keefektifan setiap mahasiswa dalam bertanya ataupun
menjawab. Hal ini menghasilkan nilai positif dalam mata kuliah Disfusi Inovasi
Pendidikan. Dalam Forum Diskusi Facebook selain memberikan komentar di setiap
postingan yang diberikan, tetapi juga ada tujuan tersembunyi yang ingin
diberikan oleh deosen pengampu, tujuan tersebut ialah membangun keaktifan,
kecerdasan, karakter dalam percakapan ilmiah.
E.
KESIMPULAN
Munculnya Group Facebook pada mata kuliah DIP
merupakan media diskusi yang diberikan oleh dosen pengampu dalam rangka
pencarian informasi penambahan materi, dan membangun keaktifan berfikir setiap
mahasiswanya. Mengukur dari mulai postingan pertama hingga yang terakhir,
menunjukan sudah 63% mahasiswa memanfaatkan Group Facebook DIP Reg sebagai
media diskusi yang dilakukan antara dosen dan mahasiswa maupun sesama mahasiswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar