Selasa, 06 Maret 2012

efektifitas percakapan intelektual mahasiswa

Pemanfaatan Jejaring sosial terhadap keaktifan
percakapan Intelektual Mahasiswa
di Mata Kuliah KSHP Non Reg

A.   Pendahuluan
Situs Jejaring Sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunaanya untuk membuat profil, informasi yang ingin disebarkan, percakapan dalam dunia maya, hingga ungkapan yang sering di ungkapan dalam halaman rumah si pengguna. Hingga saat ini sudah banyak sekali contoh - contoh produk jejaring sosial yang saat ini dipergunakan di dunia khususnya di Indonesia.
Di Indonesia situs jejaring sosial yang sering dipergunakan antara lain Facebook, Twitter, blogger, skype, dan masih banyak lagi. Facebook salah satu jenis jejaring sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, dalam penggunaannya si user masih memanfaatkan facebok sebagai jaringan pertemanan di dunia maya saja.  
Melihat perkembangan Facebook yang semakin pesat dan kemajuan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang. Akhirnya memunculkan suatu ide untuk mencoba memanfaatkan situs jejaring sosial khususnya facebook untuk dipergunakan sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran. Saat ini sudah beberapa pengajar yang mengaplikasikan metode ini dalam perkuliahan yang di ajarkan, tentunya untuk tujuan pengoptimalan dan keaktifan antara pengajar dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Mata Kuliah Kapita Selekta merupakan mata kuliah yang sudah menerapkan metode pemanfaatan jejaring sosial sebagai media belajar yang dipergunakan untuk pengoptimalan informasi yang diberikan dalam mata kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian. Mata Kuliah yang mempelajari tentang kajian penelitian, kajian ilmiah, kebenaran, serta teori - teori penelitian ini memang tidak optimal jika hanya mengandalkan metode ceramah yang disampaikan saat tatap muka saja. Dengan kendala seperti itu, maka dibuatlah suatu group Facebook yang bernama Group KSHP 096 NR yang mewadahi mahasiswa mata kuliah Kapaita Selekta Hasil Penelitian untuk turut serta dalam diskusi yang diberikan oleh pengajar.
Ketika metode ini sudah di terapkan dalam Mata Kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian akhirnya munculah dinamika keaktifan mahasiswa yang ikut serta dalam group KSHP 096 NR. Masih ada beberapa mahasiswa yang tidak merespon pertanyaan yang di postingkan di Group KSHP 096 NR. Oleh karena itu, coba diadakan penelitian dengan menggunakan metode survey kepada 40 mahasiswa yang terdaftar dalam Mata Kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian. Dengan landasan latar belakang yang sudah diutarakan sebelumnya, menimbulkan untuk melakukan penelitian dengan judul pemanfaatan jejaring sosial terhadap keaktifan percakapan intelektual mahasiswa di mata kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian.

B.    Rumusan Masalah
1.       Apakah pemanfaatan jejaring sosial dalam pembelajaran sudah cukup efektif dalam membangun keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi ?
2.       Dapatkah suasana diskusi dalam Group KHSP 096 NR juga dapat terjadi di dalam perkuliahan tatap muka ?
3.       Apakah dengan adanya pemanfaatan jejaring sosial sebagai media pembelajaran sudah dapat membangun karakter setiap mahasiswa dalam percakapan ilmiah ?

C.    Hasil
TABULASI PRESENTASE MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN
MENGENAI AKTIFITAS DISKUSI MELALUI FACEBOOK
PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA HASIL PENELITIAN

C.1 Tabel Aktifitas
No
Presentase Mahasiswa yang menjawab dan Bengong
Keterangan
1
Mahasiswa yang menjawab
34
2
Mahasiswa yang bengong
6
Jumlah
40


No
Klasifikasi Jawaban Menurut Isi dan Jumlah Responden
Keterangan
1
Metode yang baik dan menyenangkan
11
2
Menantang
2
3
Bermanfaat bagi Mahasiswa
10
4
Membantu Mahasiswa dalam Belajar
6
5
Manajemen Pengetahuan
5
Jumlah
34

No
Presentase Klasifikasi Pemberi Saran
Keterangan
1
Forum di Lanjutkan
24
2
Pengaturan Jadwal
5
3
Keringanan Aktifitas Diskusi
5
Jumlah
34

C.2 PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM BATANG

 
C.3 PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK GRAFIK BULAT TIGA DIMENSI

 

D.   Pembahasan
Berdasarkan data diatas menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian menyambut baik dengan adanya Group KSHP 096 NR. Karena melihat data dari penjabaran alasan dan pengklasifikasian jawaban menunjukan Group KSHP 096 NR cukup efektif dalam membangun keaktifan percakapan ilmiah yang dilakukan mahasiswa dalam Group KSHP 096 NR.
Tetapi memang masih belum sempurna karena masih ada beberapa mahasiswa yang tidak ikut serta dalam Group KSHP 096 NR dan ada juga yang memberikan rekomendasi untuk perbaikan Group KSHP 096 NR, karena ada beberapa mahasiswa yang masih merasa kesulitan dalam mengakses internet untuk setiap saat yang mengakibatkan lambanya mahasiswa dalam memberikan feedback dari pertanyaan yang di lontarkan dalam Group 096 NR.
Pemaparan hasil data menunjukan grafik yang cukup baik dalam diskusi yang diadakan dalam Group KSHP 096 NR, sangat diharapkan keaktifan diskusi dalam Group KSHP 096 NR juga terjadi pada perkuliahan tatap muka.

E.    Kesimpulan
Menurut data yang didapatkan melalui metode survey, menghasilkan data bahwa hampir semua mahasiswa menanggapi secara positif dengan adanya Group KSHP 096 NR, karena merupakan media belajar mahasiswa untuk menunangkan pemikiran jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh pengajar.
Walaupun ada sedikit sedikit kritisan dari mahasiswa tentang Group KSHP 096 NR, tetapi tujuan kritikan tersebut untuk penyempurnaan kualitas dan efektifan Group KSHP 096 NR. Rasa terima kasih perlu mahasiswa tunjukan kepada dosen, karena telah menemukan salah satu inovasi untuk memberikan wadah belajar yang lebih untuk mahasiswanya dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Sumber : Pengambilan data dilakukan pada tanggal 29 Februari 2012, pukul 00.30

Tidak ada komentar:

Posting Komentar