Pemanfaatan Jejaring sosial terhadap keaktifan
percakapan Intelektual Mahasiswa
di Mata Kuliah KSHP Non Reg
A. Pendahuluan
Situs Jejaring
Sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunaanya
untuk membuat profil, informasi yang ingin disebarkan, percakapan dalam dunia
maya, hingga ungkapan yang sering di ungkapan dalam halaman rumah si pengguna. Hingga
saat ini sudah banyak sekali contoh - contoh produk jejaring sosial yang saat
ini dipergunakan di dunia khususnya di Indonesia.
Di Indonesia situs
jejaring sosial yang sering dipergunakan antara lain Facebook, Twitter, blogger,
skype, dan masih banyak lagi. Facebook salah satu jenis jejaring sosial yang
paling banyak digunakan di Indonesia, dalam penggunaannya si user masih
memanfaatkan facebok sebagai jaringan pertemanan di dunia maya saja.
Melihat perkembangan
Facebook yang semakin pesat dan kemajuan ilmu pengetahuan yang semakin
berkembang. Akhirnya memunculkan suatu ide untuk mencoba memanfaatkan situs
jejaring sosial khususnya facebook untuk dipergunakan sebagai media penunjang
dalam proses pembelajaran. Saat ini sudah beberapa pengajar yang
mengaplikasikan metode ini dalam perkuliahan yang di ajarkan, tentunya untuk
tujuan pengoptimalan dan keaktifan antara pengajar dan peserta didik dalam proses
pembelajaran.
Mata Kuliah Kapita
Selekta merupakan mata kuliah yang sudah menerapkan metode pemanfaatan jejaring
sosial sebagai media belajar yang dipergunakan untuk pengoptimalan informasi
yang diberikan dalam mata kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian. Mata Kuliah
yang mempelajari tentang kajian penelitian, kajian ilmiah, kebenaran, serta
teori - teori penelitian ini memang tidak optimal jika hanya mengandalkan
metode ceramah yang disampaikan saat tatap muka saja. Dengan kendala seperti
itu, maka dibuatlah suatu group Facebook yang bernama Group KSHP 096 NR yang
mewadahi mahasiswa mata kuliah Kapaita Selekta Hasil Penelitian untuk turut
serta dalam diskusi yang diberikan oleh pengajar.
Ketika metode ini
sudah di terapkan dalam Mata Kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian akhirnya
munculah dinamika keaktifan mahasiswa yang ikut serta dalam group KSHP 096 NR. Masih
ada beberapa mahasiswa yang tidak merespon pertanyaan yang di postingkan di
Group KSHP 096 NR. Oleh karena itu, coba diadakan penelitian dengan menggunakan
metode survey kepada 40 mahasiswa yang terdaftar dalam Mata Kuliah Kapita
Selekta Hasil Penelitian. Dengan landasan latar belakang yang sudah diutarakan
sebelumnya, menimbulkan untuk melakukan penelitian dengan judul pemanfaatan
jejaring sosial terhadap keaktifan percakapan intelektual mahasiswa di mata
kuliah Kapita Selekta Hasil Penelitian.
B. Rumusan Masalah
1.
Apakah pemanfaatan jejaring sosial dalam
pembelajaran sudah cukup efektif dalam membangun keaktifan mahasiswa dalam
berdiskusi ?
2.
Dapatkah suasana diskusi dalam Group KHSP 096 NR
juga dapat terjadi di dalam perkuliahan tatap muka ?
3.
Apakah dengan adanya pemanfaatan jejaring sosial
sebagai media pembelajaran sudah dapat membangun karakter setiap mahasiswa
dalam percakapan ilmiah ?
C. Hasil
TABULASI PRESENTASE
MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN
MENGENAI AKTIFITAS
DISKUSI MELALUI FACEBOOK
PADA MATA KULIAH
KAPITA SELEKTA HASIL PENELITIAN
C.1 Tabel Aktifitas
No
|
Presentase Mahasiswa yang menjawab dan
Bengong
|
Keterangan
|
1
|
Mahasiswa yang menjawab
|
34
|
2
|
Mahasiswa yang bengong
|
6
|
Jumlah
|
40
|
No
|
Klasifikasi Jawaban Menurut Isi dan
Jumlah Responden
|
Keterangan
|
1
|
Metode yang baik dan menyenangkan
|
11
|
2
|
Menantang
|
2
|
3
|
Bermanfaat bagi Mahasiswa
|
10
|
4
|
Membantu Mahasiswa dalam Belajar
|
6
|
5
|
Manajemen Pengetahuan
|
5
|
Jumlah
|
34
|
No
|
Presentase Klasifikasi Pemberi Saran
|
Keterangan
|
1
|
Forum di Lanjutkan
|
24
|
2
|
Pengaturan Jadwal
|
5
|
3
|
Keringanan Aktifitas Diskusi
|
5
|
Jumlah
|
34
|
C.2 PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK DIAGRAM BATANG
C.3
PENYAJIAN DATA DALAM BENTUK GRAFIK BULAT TIGA DIMENSI
D. Pembahasan
Berdasarkan data
diatas menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa Mata Kuliah Kapita Selekta
Hasil Penelitian menyambut baik dengan adanya Group KSHP 096 NR. Karena melihat
data dari penjabaran alasan dan pengklasifikasian jawaban menunjukan Group KSHP
096 NR cukup efektif dalam membangun keaktifan percakapan ilmiah yang dilakukan
mahasiswa dalam Group KSHP 096 NR.
Tetapi memang
masih belum sempurna karena masih ada beberapa mahasiswa yang tidak ikut serta
dalam Group KSHP 096 NR dan ada juga yang memberikan rekomendasi untuk
perbaikan Group KSHP 096 NR, karena ada beberapa mahasiswa yang masih merasa
kesulitan dalam mengakses internet untuk setiap saat yang mengakibatkan
lambanya mahasiswa dalam memberikan feedback dari pertanyaan yang di lontarkan
dalam Group 096 NR.
Pemaparan hasil
data menunjukan grafik yang cukup baik dalam diskusi yang diadakan dalam Group
KSHP 096 NR, sangat diharapkan keaktifan diskusi dalam Group KSHP 096 NR juga
terjadi pada perkuliahan tatap muka.
E. Kesimpulan
Menurut
data yang didapatkan melalui metode survey, menghasilkan data bahwa hampir
semua mahasiswa menanggapi secara positif dengan adanya Group KSHP 096 NR, karena
merupakan media belajar mahasiswa untuk menunangkan pemikiran jawaban dari
pertanyaan yang diberikan oleh pengajar.
Walaupun
ada sedikit sedikit kritisan dari mahasiswa tentang Group KSHP 096 NR, tetapi
tujuan kritikan tersebut untuk penyempurnaan kualitas dan efektifan Group KSHP
096 NR. Rasa terima kasih perlu mahasiswa tunjukan kepada dosen, karena telah
menemukan salah satu inovasi untuk memberikan wadah belajar yang lebih untuk
mahasiswanya dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Sumber
: Pengambilan data dilakukan pada tanggal 29 Februari 2012, pukul 00.30
Tidak ada komentar:
Posting Komentar